Sabtu, 29 November 2014

Pantangan Makanan Bagi Penderita Maag

Pantangan Makanan Bagi Penderita Maag .- Hal yang sangat penting anda ketahui bagi penderita penyakit maag sebagai salah satu cara mencegah penyakit anda berkembang menjadi penyakit akut atau bahkan mungkin kambuh kembali.

Penyakit maag merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita masyarat kita dimana pola makan yang tidak baik dan teratur menjadi penyebab utamanya.

Selain itu penyakit ini juga merupakan salah satu penyakit yang cukup sulit untuk disembuhkan apabila sudah sampai pada tahap akut,maka dari itu istilah mencegah lebih baik dari mengobati sangat lah tepat .


Dan berikut adalah bebeapa pantangan makanan bagi penderita maag yang wajib bagi anda penderita penyakit maag yakni berupa : 

1. Penderita maag harus menghindari makanan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, antara lain sayuran tertentu (sawi, kol), buah-buahan tertentu (nangka, pisang ambon), makanan berserat tertentu (kedondong, buah yang dikeringkan), minuman yang mengandung gas (seperti minuman bersoda).

2. Penderita maag harus menghindari makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung, antara lain makanan berlemak, kue tar, coklat dan keju.

3. Penderita maag harus menghindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain: kopi, minuman , anggur putih, sari buah sitrus atau susu full cream. Kopi juga sebaiknya dihindari saat sahur karena akan merangsang buang air kecil berlebih (diuresis).

4. Penderita maag harus menghindari beberapa sumber karbohidrat antara lain beras ketan, mie, bihun, bulgur, jagung, tales, dan dodol.

5. Penderita maag harus menghindari makanan yang secara langsung merusak dinding lambung, yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas,merica dan bumbu yang merangsang.

6. Penderita maag harus menghindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan, antara lain coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan.

7. Penderita maag harus menghindari kegiatan yang meningkatkan gas di dalam lambung antara lain makan permen khususnya permen karet dan merokok.

Nah ketujuh poin diatas harus anda hindari apabila penyakit maag yang anda derita tidak ingin berkembang menjadi penyakit yang lebih parah lagi atau kambuh lagi.Jadi sudah siapkah anda menghindari makanan diatas.Demikianlah sekilas tentang pantangan makanan bagi penderita maag ini semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya . . .salam sehat !!!

[ Tips & Cara Mengobati Penyakit Maag Kronis Dengan Cepat ]



EmoticonEmoticon