Senin, 10 November 2014

Pantangan Makanan Penderita Asam Urat

Pantangan Makanan Penderita Asam Urat .- Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit umum yang sering terjadi pada seseorang yang telah berusia lanjut.Dimana penyakit ini timbul sebagai akibat dari tinggi kadar asam urat didalam tubuh.Hal tersebut mengakibatkan terjadinya penumpukan kadar asam urat didalam persendian sehingga terbentuklah kristal-kristal di engsel-engsel tubuh seperti lutut, ruas jari tangan dan kaki, pergelangan tangan dan kaki.


Nah salah satu faktor utaman yang dapat menimbulkan penyakit asam urat ini ialah makanan dimana makanan yang mengandung zat purin tinggi merupakan penyebab utama dari timbulnya penyakit ini.Dan berikut ini adalah beberapa jenis pantangan makanan penderita asam urat yang harus dijauhi yakni :
  • Konsumsi protein dari daging tanpa lemak, ikan, ayam, antara 115-170 gram perhari.
  • Jangan makan olahan seafood, ragi, daging babi, lentil, oatmeal, makanan manis dan gandum agar kadar asam urat tidak naik.
  •  Hindari alkohol, terutama bir karena zat ini akan meningkatkan kadar asam urat dengan cepat dan menyebabkan kambuhnya kristalisasi di engsel-engsel tubuh.
  • Jangan mengkonsumsi makanan dari hati, ikan teri, ikan sardine, ikan herring, ikan makarel,  kerang, jeroan sapi (ginjal, babat, jantung), daging sapi muda, otak sapi, bacon, salmon dan ayam kalkun.
Nah bagi anda penderita asam urat tinggi selain menghindari beberapa jenis makanana tersebut anda sebaiknya memperbanyak air putih, konsumsir endah purin seperti: telur, tahu,  produk dairy yang rendah lemak. Hindari juga penggunaan minyak dalam masakan, dan lebih memilih memasak makanan dengan cara mengukukus dan merebus.Selain itu anda juga dianjurkan untuk melakukan Diet sehat yang disertai dengan olah raga statis seperti kardio dan fitness ringan, serta olahraga dinamis seperti senam, jogging atau jalan pagi.

Demikianlah sekila mengenai Pantangan Makanan Penderita Asam Urat semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya diblog yang sangat sederhana ini.Salah Sehat.


EmoticonEmoticon